-->
Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sabtu, 15 Oktober 2011

Geany, Software Gratis Alternatif Programming

Sabtu, 15 Oktober 2011
Assalamu'alaikum..
Sudah lama sekali saya tidak update blog ini..
lama tidak muncul, saya kini telah berpindah hati menjadi pengguna linux teman-teman..
Dulu saya pakai windows dan seluruh software-software nya untuk membuat program-program yang telah saya post. Namun untuk selanjutnya, saya akan menggunakan linux-ubuntu dan software-software open source dalam membuat program-program saya. Hal ini supaya kita tidak terpaku hanya dengan satu software maupun operating sistem saja, namun kita jadi punya pilihan lain untuk menggunakan aplikasi lain yang sama fungsinya dengan aplikasi berbayar yang kita gunakan pada windows.
Atau dengan kata lain, saya mengajak bagi para pengguna software berbayar apalagi yang membajak, marilah kita gunakan software open source untuk memenuhi kebutuhan programming kita maupun kebutuhan komputerisasi yang lainnya. Indonesia tidak pantas disebut negara pembajak.!!iya kan? Bagi yang membeli licence software berbayar, uang untuk membeli licence-nya bisa kita gunakan untuk membeli yang lain yang lebih bermanfaat. Misal ditabung untuk naik haji atau bayar sekolah/kuliah, lebih bermanfaat bukan?


Kali ini, saya akan share salah satu compiler untuk memenuhi kebutuhan programming kita. Software open source ini bernama Geany. Software ini bisa meng-compile c, c++, html, java, php, bahkan sampai python. Coba bandingkan dengan borland, software berbayar windows yang hanya bisa meng-compile c/c++ saja. Tentu saja Geany lebih lengkap, ditambah lagi, software ini gratis untuk kita gunakan secara completely legal.
Untuk memasang Geany pada komputer linux Anda, bukalah terminal lalu ketikkan
$ sudo apt-get install geany

atau Anda bisa langsung masuk ke ubuntu software center dalam komputer ubuntu Anda, lalu search Geany dan lalu klik Install.

Agar bisa meng-compile c++, kita juga harus menginstall g++ dalam komputer kita, caranya
$ sudo apt-get install g++

atau Anda juga bisa langsung install g++ dalam ubuntu software center Anda..

Dan Anda pun sudah bisa ber-coding ria dengan Geany secara gratis..
Selamat mencoba... .::Artikel Menarik Lainnya::.

Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar